id Indonesian

Wallpaper dan Cat Dinding, Kamu Pilih Yang Mana?

Pernahkah kamu bingung memilih wallpaper atau cat dinding? Sebenarnya fungsi dari keduanya tetap sama, yaitu mempercantik ruangan dan membuat suasana baru. Hanya saja pengaplikasiannya saja yang berbeda. Kira-kira jika dibandingkan antara wallpaper dan cat dinding, lebih baik yang mana ya ?

1. Biaya

Salah satu pertimbangan dalam memilih dekorasi dinding adalah biaya. Dibandingkan dengan cat dinding, wallpaper memiliki keunggulan lebih pada motif yang diberikan dan memiliki banyak jenis. Namun, penggunaan wallpaper memiliki biaya yang cukup mahal, dibandingkan cat tembok, karena biaya dari wallpaper bergantung dengan seberapa luas area yang ingin ditempel dengan wallpaper. Semakin luas, semakin banyak juga wallpaper yang dibutuhkan dan berdampak pada biaya yang akan dikeluarkan.

2. Waktu

Menggunakan cat tembok memang lebih murah, tetapi cat dinding juga membutuhkan waktu lebih lama dalam proses pengecatan dibandingkan wallpaper yang pengaplikasiannya hanya ditempel saja. Cat dinding memerlukan lapisan yang banyak dan butuh waktu dalam pengeringan setiap lapisannya. Jika cat dinding tidak kering sempurna, akan mempengaruhi hasil akhir pengecatan dan menimbulkan masalah-masalah lain kedepannya.

3. Daya Tahan

(Sumber: Pinterest.com)

Baik wallpaper maupun cat dinding, daya ketahanannya sebenarnya balik lagi pada kualitas masing-masing produk. Sering kali dikatakan “Ada harga, ada barang”. Namun, secara umum penggunaan wallpaper cenderung lebih tahan karena tidak ada masalah yang ditimbulkan dari wallpaper, haya bekas dari lem yang menempel pada dinding. Sedangkan cat dinding, hanya mampu bertahan 2-3 tahun dan cenderung menimbulkan masalah seperti warna pudar, pengapuran, alkali dan lainnya. Namun, hal ini kembali lagi pada cara pegaplikasian cat. Jika benar, permasalahan cat dinding akan semakin minim.

4. Perawatan

(Sumber: Magicrete.com)

Beberapa cat memiliki keunggulan dengan perawatan yang lebih mudah, seperti cat dinding yang mudah dibersihkan dari kotoran yang menempel hanya dengan mengusap dinding menggunakan spons basah. Begitu juga dengan wallpaper yang juga bisa dibersihkan menggunakan busa lembut, namun tetap harus hati-hati dan perlahan, karena wallpaper rentan sobek dan rusak. 

Setelah melihat perbandingan dari keduanya, kamu lebih tertarik yang mana? Jika kamu mencari cat dinding dengan kualitas yang baik, kamu dapat menemukannya disini

Bagikan Post Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya

Bagikan postingan ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp