id Indonesian

Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia

Warna Bendera Negara Indonesia adalah merah putih. Setiap negara punya sejarah tersendiri terkait dengan warna bendera. Tak terkecuali dengan Indonesia. Bagi kalian yang penasaran dengan Warna Bendera Indonesia, mari mengintip ulasan Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia berikut ini.

Baca Juga: Tangga Hitam, Mempesona Atau Memperburuk Ruangan?

Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia yang Wajib Diketahui

(Sumber: Pexels.com)

Bendera Sang Saka Merah Putih terlihat pertama kali dikibarkan secara resmi di Negara Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945 lebih tepatnya saat proklamasi kemerdekaan Bangsa Indonesia.

Warna Bendera Sang Saka Merah putih sendiri, berwarna merah dan putih. Sebenarnya, pemilihan warna merah dan putih sebagai Warna Bendera Sang Saka Merah Putih, tidak langsung diputuskan secara sepihak.

Warna merah dan putih, terinspirasi dari era Kerajaan Majapahit. Kerajaan Majapahit, menggunakan gambar dengan sembilan garis merah dan putih sebagai bendera kebesaran. Dari sinilah awal dari terinspirasinya Bendera Indonesia menjadi warna merah dan putih. 

Kerajaan Majapahit sekitar abad ke-13 sampai dengan sekitar abad ke-16, sudah menggunakan warna merah dan putih sebagai warna kebesaran. Selain itu, tercatat juga dalam Kitab Negarakertagama, Empu Prapanca tertulis juga bahwa setiap ada upacara kebesaran, warna merah dan putih selalu digunakan oleh Prabu Hayam Wuruk.

Selain Kerajaan Majapahit, ada juga kerajaan lain yang menggunakan warna merah putih sebagai bendera kebesaran. Kerajaan itu adalah Kerajaan Kediri. Di kerajaan Kediri juga, sudah banyak menggunakan warna merah dan putih.

Terlepas dari Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia yang panjang pemilihan warna merah dan putih sebagai warna Bendera Negara Republik Indonesia, tentunya ada makna sendiri dari kedua warna tersebut.

Baca Juga: Warna Cat Dinding Yang Mempengaruhi Mood

Makna Warna Merah Putih Bendera Indonesia

(Sumber: Freepik.com)

Tidak sembarang warna saja, ternyata warna merah dan putih memiliki makna filosofis tersendiri. Ini tidak terlepas dari Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia. Secara umum, untuk warna merah memiliki arti atau melambangkan raga manusia, sementara putih melambangkan jiwa dari manusia.

Jadi, apa bila digabungkan, warna merah dan putih berarti perpaduan antara raga manusia dan jiwa manusia yang baik dan kuat. Bertujuan untuk bisa membangun, mengarungi, dan memajukan Bangsa Indonesia.

Sementara dari segi sejarah tersendiri merah dan putih dianggap warna yang suci karena melambangkan warna makanan pokok atau makanan keseharian masyarakat Indonesia. Makanan itu adalah gula aren dan nasi.

Untuk warna merah, melambangkan gula aren yang memang memiliki kemiripan dengan warna merah. Ada pun warna putih, melambangkan warna nasi yang tentunya berwarna seiras. Itulah mengapa warna merah dan putih dianggap sebagai warna yang suci dan sangat dihormati karena merupakan warna makanan pokok atau makanan keseharian masyarakat Indonesia.

Nah, itu tadi pembahasan mengenai Sejarah Warna Merah Putih Bendera Indonesia. Sebagai kesimpulan, semua tidaklah terlepas dari sejarah. Semua punya cerita dan sejarahnya tersendiri termasuk warna merah putih Bendera Indonesia.

Sedang merenovasi rumah? Butuh cat berkualitas tapi gak buat kantong bolong? Nih, cat dari PFF Paint bisa jadi solusinya loh!

Baca Juga: 5 Tips Cara Memilih Cat Ramah Lingkungan

Cat yang sudah terbukti berkualitas diantara cat premium lainnya. Dengan pilihan warna yang tersedia banyak, tentu ini kelebihan yang tidak dimiliki cat lainnya. Kunjungi website nya dengan cara klik disini. Dan dapatkan promo untuk setiap pembelian cat PFF Paint.

Warnai dinding kamu dengan cat PFF Paint agar hari-hari kamu lebih berwarna!

Bagikan Post Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya