id Indonesian

Pentingnya Pengaplikasian Cat Dasar Tembok Yang Sering Dilupakan

Pada umumnya, cat dasar digunakan untuk melapisi suatu media seperti tembok, kayu, besi dan lainnya yang akan diberikan cat warna berikutnya. Cat dasar atau cat primer juga memiliki fungsi penting lain yang harus kamu ketahui.

Selain dapat menambah daya rekat cat tembok, juga bisa sebagai perlindungan ekstra pada tembok karena bisa mencegah kontaminasi zat alkali yang berasal dari material bangunan.

Baca Juga : Jenis Cat Pagar Rumah yang Harus Kamu Ketahui!

Jenis Cat Dasar Untuk Tembok

Lagi-lagi, kamu juga harus tau jika saat ini ada tiga jenis cat dasar yang dimana untuk setiap jenisnya memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda. Berikut beberapa fungsi cat dasar beserta fungsinya :

1. Cat Dasar Undercoat

Jenis cat dasar ini biasanya digunakan untuk pelapis agar bisa menghaluskan permukaan dinding karena bisa menutup pori-pori pada tembok.

2. Cat Dasar Water Sealer

Karena berbahan dasar air, biasanya cat dasar ini digunakan pada interior ruangan sebab tidak memiliki bau yang menyengat selain itu juga cepat kering.

Baca Juga : Inspirasi Perpaduan Warna Cat Tembok Minimalis dari PFF Paint

3. Cat Dasar Waterproof.

Cat dasar waterproof bisa digunakan di interior maupun eksterior. Fungsi cat dasar ini sebagai penahan resapan air agar tembok tidak lembab dan berjamur. Lalu, bagaimana cara pengaplikasian cat dasar tembok yang tepat?

Cara Penggunaan Cat Dasar Tembok

Secara teknis, ada hal yang harus diperhatikan saat ingin menggunakan cat dasar yaitu :

Cat dasar tersebut akan digunakan pada tembok baru atau digunakan untuk pengecatan ulang (biasanya digunakan pada tembok berjamur).

Namun secara umumnya, cara menggunakan cat dasar seperti berikut.

1. Bersihkan dulu tembok yang akan dicat.

Kalian harus membersihkan dulu tembok yang akan dicat agar tidak ada debu atau serbuk lain yang menempel.

Karena, jika masih terdapat debu pada dinding, dikhawatirkan cat tembok tersebut akan cepat mengelupas.

Untuk membersihkannya, jika pada tembok baru, cukup kalian siram air sampai merata. Sedangkan, untuk tembok yang berjamur, lakukan pengamplasan terlebih dahulu, setelah itu baru disiram air sampai merata.

Baca Juga : Yuk! Sambut Bulan Ramadhan Dengan Ganti Motif Cat Dinding

2. Lakukan Pengecatan Dari Atas

Terkadang ada juga orang yang melakukan pengecatan dari bawah. Hal tersebut sangat tidak dianjurkan, karena bisa mengurangi daya rekat cat selain itu hasil cat juga tidak bisa rata/halus.

Jadi usahakan memulai pengecatan dari atas dan dari sudut yang tersulit terlebih dahulu agar hasilnya bisa sempurna.

Nah, itulah beberapa informasi tentang cara pengaplikasian cat dasar tembok yang benar dan bisa kamu terapkan pada mengecat dinding hunian. Dari semua urutan proses pengecatan, kamu juga harus memilih cat yang berkualitas untuk mendapatkan hasil yang bagus.

Rekomendasi cat bagus berkualitas dan tentunya memiliki cat dasar yang terbaik ada di PFF Paint. Untuk kamu yang ingin melihat koleksi cat dari PFF Paint bisa klik disini.

Bagikan Post Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya