id Indonesian

Jenis-Jenis dan Fungsi Thinner Dalam Pengecatan

Thinner merupakan bahan yang selalu digunakan bersamaan dengan cat yang yang memiliki fungsi agar cat menjadi lebih maksimal.

Dalam proses pembangunan biasanya zat ini sangat diperlukan untuk campuran cat agar cat lebih encer dan mudah untuk diaplikasikan pada dinding. 

Thinner yang selama ini digunakan nyatanya memiliki banyak jenis. Setiap jenisnya memiliki perbedaan, kelebihan hingga kekurangan.

Jenis-jenis Thinner

Sebenarnya ada banyak jenis thinner yang bisa digunakan. Namun, umumnya hanya ditemukan 4 jenis saja seperti yang akan kami bahas di bawah ini.

Baca Juga : Ini Cara Menghilangkan Bekas Cat Di Tangan Dengan Ampuh

1. Thinner Cobra

Apabila cat akan diterapkan pada media kayu atau besi, maka thinner jenis ini sangat cocok digunakan untuk mengencerkannya. Setelah cat lebih encer, maka akan lebih mudah untuk diaplikasikan pada media yang akan di cat. 

Karena thinner jenis ini lebih mudah menyatu dengan cat berbahan dasar minyak. Jenis thinner ini adalah jenis yang paling umum digunakan sebagai pelengkap bahan finishing. Hasil dari pengecatan ini biasanya tidak mengkilap.

2. Thinner Impala

Thinner yang satu ini memiliki fungsi yang mirip dengan thinner cobra. Thinner ini bisa digunakan untuk mengencerkan cat yang hendak diterapkan pada besi maupun kayu. Hanya saja hasil akhirnya sedikit berbeda.

Cat yang menggunakan jenis thinner ini akan memiliki efek glossy.

3. Thinner Polyurethane

Thinner Polyurethane memerlukan waktu 6 hingga 12 jam untuk kering. Hal tersebut bergantung juga pada jenis cat yang digunakan.

Thinner ini memiliki 2 jenis yaitu, thinner PU dan thinner PU slow. Thinner PU slow memerlukan waktu kering yang lebih lama dibanding dengan thinner PU.

Penerapan thinner ini sebagai pengencer cat, mampu memberikan hasil mengkilap dan juga menjadikan cat lebih tahan lama.

4. Thinner Nitrocellulose

Jenis thinner yang satu ini biasanya digunakan untuk mengencerkan jenis cat tertentu. Seperti hal nya cat nitro atau cat pernis.

Di toko-toko, biasanya thinner ini dikenal dengan nama thinner super atau thinner ND.

Baca Juga : Apa Saja Alat Untuk Melukis Yang Harus Dibeli Untuk Mulai Melukis

Pengertian Thinner

Thinner merupakan bahan material yang berbentuk cairan dan sekilas seperti air. Thinner salah satu bahan yang masuk dalam daftar kebutuhan saat kamu sudah memasuki tahap mendekor ruangan hunian.

Aroma dari cairan ini cukup menyengat, dan tidak baik jika dihirup terlalu lama karena akan ada dampak buruk untuk kesehatan.

Fungsi Thinner

Dengan menggunakan thinner nyatanya mampu memberikan kekentalan yang lebih rendah pada cat.

Hal tersebut membuat cat lebih mudah untuk diterapkan. Tidak hanya untuk cat saja, bahkan thinner juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat besi.

Thinner juga mampu memberikan kemampuan pada cat agar menjadi lebih cepat kering. Selain itu, bahan pengkilap biasanya juga menggunakan thinner.

Banyak sekali fungsi thinner untuk proses pengecatan. Tanpa penggunaan thinner, pengecatan tidak akan berjalan dengan lancar.

Baca Juga : Fakta Mengapa Cat Berbahan Dasar Air Lebih Diminati

Cat yang tidak diencerkan terlebih dahulu akan menggumpal sehingga aktivitas pengecatan akan menjadi lebih sulit dan juga boros.

Setiap jenis thinner juga memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Namun, dengan memilih thinner yang pas adalah kunci untuk mendapatkan hasil akhir cat yang lebih baik.

Nah, itu dia jenis-jenis thinner yang bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan. Kamu bisa mendapatkan thinner sesuai kebutuhan disini

Berbelanja bahan bangunan, cat dan perlengkapannya lebih mudah juga bisa disini.

Jika kamu ingin tips lainnya, kamu bisa kunjungi website PFF Paint.

Bagikan Post Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya