id Indonesian

BERBAHAYA ! Zat-Zat Kimia di Dalam Cat Yang Perlu Kita Waspadai.

Tentang regulasi penggunaan bahan kimia dalam pembuatan cat sesungguhnya sudah diatur oleh ECHA. Formulasi produk-produk Bio Industri selalu mengacu pada regulasi, standar kandungan bahan berbahaya sesuai peraturan ECHA-substance very high concern-SVHC 2010 diukur dan ditetapkan kurang dari 0,1% dari total berat.

Meskipun telah ada regulasi yang jelas tentang hal tersebut, anda tetap perlu mengetahui zat-zat kimia berbahaya apa saja yang biasa terkandung dalam cat sebagai pengetahuan anda untuk lebih jeli memilih cat yang akan digunakan.

Berikut merupakan zat-zat kimia berbahaya yang ada pada cat dan impact untuk kesehatan:

1. FORMALDEHIDA

Senyawa kimia formaldehida juga disebut metanal, atau formalin, merupakan aldehida dengan rumus kimia H2CO, yang berbentuk gas atau cair yang dikenal sebagai formalin, atau padatan yang dikenal sebagai paraformaldehyde atau trioxane.

Salah satu sifat formaldehida adalah bisa dioksidasi. Jika zat ini dioksidasi oleh oksigen atmosphere akan berubah menjadi asam format. Larutan ini seharusnya diisolasi agar tidak kemasukan udara.

2. LEAD

Lead atau yang lebih dikenal dengan timbal jenis logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi. Keberadaan timbal juga dari hasil aktivitas manusia. Timbal logam mendapat perhatian khusus karena sifatnya yang beracun terhadap manusia. Timbal dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan, minuman, udara, air, serta debu yang tercemar.

Timbal banyak digunakan industri cat untuk memberi pigmen cat. Seperti Lead chromate, Kromium dan Kadmium. Kandungan tersebut dapat mengakibatkan gangguan kesehatan seperti, kerusakan sistem saraf pusat, kanker paru, iritasi kulit, hidung, saluran napas dan dapat menyebabkan kanker.

3. THINNER

Biasanya semua cat mengandung pelarut/solvent yang berupa tiner. Tiner akan menguap setelah cat dioleskan, dan saat itu pekerja dapat menghirup uap bahan berbahaya yang terkandung dalam solven. Hal ini dapat menyebabkan sakit kepala, pusing, iritasi mata, hidung dan tenggorokan, masalah reproduksi dan kanker.

Semua zat berbahaya ini sangat berpotensi menyebabkan penyakit berbahaya. Oleh karena itu anda sangat perlu memperhatikan kandungan zat-zat yang ada dalam cat ketika anda mau membeli cat. 

Setelah membaca ini, kamu jadi tahu kan zat-zat apa saja yang perlu kamu perhatikan? Nah, kamu juga dapat menemukan cat tembok yang berkualitas dengan kandungan zat yang aman dari PFF Paint disini.

Bagikan Post Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on telegram
Share on whatsapp

Artikel Lainnya